Tips Desain Interior Berkarakter

Kesan merupakan ungkapan suasana hati seseorang, semakin kuat kesan yang ditampilkan maka semakin mudah membaca ungkapan hati seseorang. Namun bila kesan kesan tersebut diungkapkan dalam desain interior maka suasana berubah menjadi interaksi dua arah antara ruang desain dengan pengguna desain.

Saat ini menjadi sebuah kajian serius bagi kita mengenai penggunaan warna dengan berbagai kesan yang mungkin diaplikasikan didalamnya, contohnya penggunaan warna putih bagi hunian sakit tradisional mulai dikritik banyak orang, atau warna merah untuk pemadam kebakaran atau warna cokelat bagi seragam kepolisian, saat ini menjadi kajian serius terkait dengan citra yang dipersepsikan.

Menampilkan design interior dengan kesan yang paling praktis adalah mengungkapkannya melalui warna warna. Secara tradisional warna dikenal hanya 3 warna, kuning, merah & biru Sedangkan putih dan hitam tidak digolongkan sebagai warna, hitam dan putih menjadi katalisator dari tiga warna tersebut. Jika putih maka akan menjadi kesan muda, energik dan ringan, jika hitam maka akan menimbulkan kesan berat, statis dan lebih kuat.

Beberapa kaida desain yang perlu diperhatikan dalam pengungkapan karakter dalam desain sbb;

1. Seberapa kuat cahaya alami yang menyinari objek
2. Sudaut datangnya sinar ke objek
3. Jarak pandang pengamatan objek

Penjelasannya sebagai berikut

Seberapa kuat cahaya alami yang menyinari objek
Sebuah benda yang biasa saja akan menjadi pusat perhatian jika disinari dengan cahaya yang kuat, sehingga terlihat sangat detail. Dan jika objek tidak ingin ditampilkan maka jangan disinari dengan cahaya yang kuat, dengan sendirinya karakter objek juga akan lemah. Sebagai contoh teknik kekuatan penyinaran ini digunakan pada toko toko display barang, butiq, ruang pamer dll.

Sudut datangnya sinar ke objek
Tampilan objek akan menjadi polos dan tidak berkarakter jika datangnya sinar persis didepan wajah, semakin mengambil sudut 45 derad maka semakin terlihat karakter dari wajah, ini di sebabkan ditangkapnya penebalan/ dimensi dari objek sehiingga 2 dimensi menjadi 3 dimensi.
Sebagai contoh studio foto menggunakan teknik penyinaran dengan sudut tertentu disesuaikan dengan karakter yang ingin di timbulkan.

Jarak pandang pengamatan objek
Semakin jauh jarak pandang objek semakin hilang kesan yang ditimbulkan semakin dekat jarak dengan objek semakin kuat kesan yang ditampilkan, ini disebabkan kadar interaksi dan saling menguasai antara ojek dan pengamatnya. Semakin dekat maka semakin interaktif kearah saling memiliki. Sebagai contoh teknik ini digunakan dalam menampilkan objek baru, dalam pameran lukisan, pameran karya karya kontemporer, demontrasi serta beberbagai open house, dll

Cahaya cahaya tersebut dapat direkayasa sedemikian rupa sehingga buka lagi sinar yang dipancarkan tetapi warna jadi dari cat yang ditampilkan serta objek objek yang mewakili kesan yang ditampilkan.

design interior
Sudah seharusnya dan sangat mungkin jika dalam sebuah ruang yang memiliki dinding 4 bidang memiliki warna warna yang berbeda. Serta sangat menarik jika meuble interior yang tadinya satu set dari satu model menjadi satu set dengan berbagai model seuai dengan karakter pengguna.

Demikian beberapa tips agar anda bisa mendesain ruangan dalam rumah anda sesuai karakter pribadi anda, jika anda ingin informasi lainya kmi memiliki Desain Teras Rumah Modern Terbaru


Bagikan ya: Facebook Twitter Google+

Tips Desain Interior Berkarakter

Posted by Soilcatholics, Published at 06.10.

Comments Facebook :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar